Minggu, 17 Oktober 2010

Software Alternatif Pengganti Microsoft Word

Tanpa terasa, Microsoft Words yang merupakan program pengolah kata (word processor) keluaran Microsoft sejak tahun 1982 (waktu itu WordStar namanya) telah cukup menguasai hari-hari pengguna komputer, dan terutama pengguna word processor pada khususnya.

Mengingat, harganya yang cukup mahal, tidak dipungkiri lagi bahwa masih banyak pengguna Microsoft Word di dunia ini yang menggunakan produk bajakan. Sebenarnya, jika Anda enggan menggunakan produk bajakan, dan mau meluangkan waktu untuk sedikit penyesuaian, masih banyak program pengolah kata yang bisa didapat dengan murah, atau bahkan dengan cuma-cuma (gratis).
Beberapa program pengolah kata (word processor) yang bisa Anda coba antara lain adalah:

Lotus Word Pro Yaitu aplikasi pengolah kata yg dikeluarkan oleh IBM. Kelebihan dari Lotus Word Pro adalah kemampuan untuk mempertukarkan file dokumen dengan Microsoft Word. Lotus Word Pro juga dapat membuka file-file word dan beberapa aplikasi pengolah kata yg lain.

Corel Word Perfect Merupakan program aplikasi pengolah kata yg dapat dijalankan dikomputer dengan sistem operasi Windows. Kelemahan dari WordPerfect adalah dari segi kebutuhan Hard Ware

Star Office Writer Adalah aplikasi pengolah kata yg bersifat multiplatform, artinya dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows.
Kelebihan dari Star Office Writer adalah mempunyai banyak contoh memo, faks, surat, resume, dan dokumen untuk mempermudah pekerjaan dengan cara memanfaatkan contoh-contoh tersebut.

Open Office Writer Adalah aplikasi pengolah kata yg bersifat open source, artinya kita dapat mendownloadnya dari Internet (www.openoffice.org) dan menggunakannya secara gratis. Kelebihan dari yg lainnya adalah dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi, seperti Windows, Linux, Solaris, dan Mac Os ataupun salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik. Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables. Writer merupakan aplikasi yg dilengkapi semua fitur yg kita harapkan dari sebuah aplikasi pengilah kata.

Google Docs Ini merupakan program pengolah kata (word processor), spreadsheet, presentasi dan pembuatan form gratis keluaran Google. Sayangnya, versi ini merupakan versi online, alias Anda harus terhubung dengan internet untuk menggunakannya.

Bean (OS-X Apple Macintosh)
Bean adalah program pengolah kata (word processor) yang ringan dan mudah digunakan dengan tujuan perancangan untuk kemudahan, efisiensi dan tepat guna.

AbiWord adalah perangkat lunak bebas pengolah kata (word processor) yang mirip dengan Microsoft Word word dan OpenOffice.org writer. Ia sangat cocok digunakan untuk melakukan tugas-tugas pemrosesan kata. Program yang diklaim ringan ini pertama kali dikembangkan oleh Abisource.inc sebelum kemudian diintegrasikan kedalam GNOME Office. Ia mampu membaca format dokumen .doc, .sxw, dan beragam format dokumen umum lainnya.


KWord adalah aplikasi pengolah kata, bagian dari proyek KOffice dari lingkungan desktop KDE. Meski ada kemiripan nama, KWord bukanlah semata-mata jiplakan dari Microsoft Word. Walaupun diharapkan fitur-fitur utama Word akan didukung oleh KWord, dalam beberapa hal penting terdapat perbedaan antara keduanya. Skema tata letak teks pada KWord mengikuti konsep frame, seperti halnya Adobe PageMaker. Frame dapat diletakkan di mana saja dalam sebuah halaman, dan mencakup teks, grafik, dan objek. Setiap halaman baru pada dasarnya adalah sebuah frame, teks dapat mengalir dalam frame ini karena kemampuan KWord untuk mengaitkan satu frame dengan yang lain. Pemanfaatan frame memungkinan kemudahan penataan teks dan grafik yang rumit sekalipun.


Microsoft Works adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran yang diproduksi olehMicrosoft. Microsoft Works lebih murah harganya tetapi lebih sedikit fiturnya dibandingkan dengan paket Microsoft Office. Paketnya terdiri dari pengolah kata, lembar kerja dan basis data. Versi terbaru mempunyai kalender dan kamus.


Poly Edit ini adalah aplikasi alternatif pengolah kata yang berbasis Under Windows. Bukan hanya sekadar pengolah kata, aplikasi ini juga dapat kita manfaatkan sebagai editor HTML, source code, dan pengolah informasi personal. Apabila semua fasiltas yang ada masih kurang bisa memuaskan Anda, tersedia fitur add-ons yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan kemampuan lain yang diinginkan. Poly Edit mendukung sebagian besar format teks yang ada di aplikasi - aplikasi lainnya. Mulai format RTF, MS Word 95-2007, Corel WordPerfect, Unicode (UTF-8, UTF-16 with BOM, UTF-16LE, and UTF-16BE), MS-DOS, Unix, dan masih banyak lagi format teks yang bisa digunakan. Dan bisa juga mengekspor dokumen ke format html dan PDF.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger