Constructive Cost Model (COCOMO) Merupakan algoritma estimasi
biaya perangkat lunak model yang dikembangkan oleh Barry Boehm. Model
ini menggunakan rumus regresi dasar, dengan parameter yang berasal dari
data historis dan karakteristik proyek proyek saat ini.
COCOMO terdiri dari tiga bentuk hirarki semakin rinci dan akurat.
Tingkat pertama, Basic COCOMO adalah baik untuk cepat, order awal,
kasar estimasi besarnya biaya perangkat lunak, namun akurasinya
terbatas karena kurangnya faktor untuk memperhitungkan perbedaan
atribut proyek (Cost Drivers). Intermediate COCOMO mengambil Driver
Biaya ini diperhitungkan dan Rincian tambahan COCOMO account untuk
pengaruh fase proyek individu.
Ada tiga model COCOMO
1. Basic Cocomo
Dengan menggunakan estimasi parameter persamaan (dibedakan menurut
tipe sistem yang berbeda) upaya pengembangan dan pembangunan durasi
dihitung berdasarkan perkiraan DSI.
Dengan
rincian untuk fase ini diwujudkan dalam persentase. Dalam hubungan ini
dibedakan menurut tipe sistem (organik-batch, sebagian
bersambung-on-line, embedded-real-time) dan ukuran proyek (kecil,
menengah, sedang, besar, sangat besar).
Model COCOMO dapat diaplikasikan dalam tiga tingkatan kelas:
•
Proyek organik (organic mode) Adalah proyek dengan ukuran relatif
kecil, dengan anggota tim yang sudah berpengalaman, dan mampu bekerja
pada permintaan yang relatif fleksibel.
•
Proyek sedang (semi-detached mode)Merupakan proyek yang memiliki
ukuran dan tingkat kerumitan yang sedang, dan tiap anggota tim memiliki
tingkat keahlian yang berbeda
• Proyek terintegrasi (embedded mode)Proyek yang dibangun dengan spesifikasi dan operasi yang ketat
2. Intermediate Cocomo
Persamaan estimasi sekarang mempertimbangkan (terlepas dari DSI) 15
pengaruh faktor-faktor; ini adalah atribut produk (seperti kehandalan
perangkat lunak, ukuran database, kompleksitas), komputer
atribut-atribut (seperti pembatasan waktu komputasi, pembatasan memori
utama), personil atribut ( seperti aplikasi pemrograman dan pengalaman,
pengetahuan tentang bahasa pemrograman), dan proyek atribut (seperti
lingkungan pengembangan perangkat lunak, tekanan waktu pengembangan).
Tingkat pengaruh yang dapat diklasifikasikan sebagai sangat rendah,
rendah, normal, tinggi, sangat tinggi, ekstra tinggi; para pengganda
dapat dibaca dari tabel yang tersedia.
3. Complete/Detailed Cocomo
0 komentar:
Posting Komentar