Minggu, 21 November 2010

MAKNA ALINEA-ALINEA PEMBUKAAN UUD 1945

Pembukaan UUD 1945 berisi pokok pikiran pemberontakan melawan imperialisme, kolonialisme, dan fasisme, serta memuat dasar pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain daripada itu, Pembukaan UUD 1945 yang telah dirumuskan dengan padat dan khidmat dalam empat alinea, dimana setiap alinea mengandung arti dan makna yang sangat dalam, mempunyai nilai-nilai yang universal dan lestari. Mengandung nilai universal artinya mengandung nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh bangsa-bangsa beradab di seluruh dunia, sedangkan lestari artinya mampu menampung dinamika masyarakat dan akan tetap menjadi landasan perjuangan bangsa dan negara selama bangsa Indonesia tetap setia kepada Negara Proklamasi 17 Agustus 1945.
Alinea-alinea Pembukaan UUD 1945 pada garis besarnya adalah:
Alinea I : terkandung motivasi, dasar, dan pembenaran perjuangan (kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan penjajahan bertentangan dengan perikemanusiaan dan perikeadilan).
Alinea II : mengandung cita-cita bangsa Indonesia (negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur).
Alinea III : memuat petunjuk atau tekad pelaksanaannya (menyatakan bahwa kemerdekaan atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa).
Alinea IV : memuat tugas negara/tujuan nasional, penyusunan UUD 1945, bentuk susunan negara yang berkedaulatan rakyat dan dasar negara Pancasila.
Selanjutnya marilah kita uraikan satu persatu makna masing-masing Alinea Pembukaan UUD 1945 sebagai berikut:
Alinea pertama : “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”
Makna yang terkandung dalam Alinea pertama ini adalah menunjukkan keteguhan dan kuatnya pendirian bangsa Indonesia menghadapai masalah kemerdekaan melawan penjajah.
Alinea ini mengungkapkan suatu dalil obyektif, yaitu bahwa penjajahan tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan, dan oleh karenanya harus ditentang dan dihapuskan agar semua bangsa di dunia ini dapat menjalankan hak kemerdekaannya sebagai hak asasinya. Disitulah letak moral luhur dari pernyataan kemerdekaan Indonesia.
Selain mengungkapkan dalil obyektif, alinea ini juga mengandung suatu pernyataan subyektif, yaitu aspirasi bangsa Indonesia sendiri untuk membebaskan diri dari penjajahan. Dalil tersebut di atas meletakkan tugas kewajiban bangsa/pemerintah Indonesia untuk senantiasa berjuang melawan setiap bentuk penjajahan dan mendukung kemerdekaaan setiap bangsa.
Alasan bangsa Indonesia menentang penjajahan ialah karena penjajahan itu bertentangan dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Ini berarti setiap hal


atau sifat yang bertentangan atau tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan juga harus secara sadar ditentang oleh bangsa Indonesia. Pendirian tersebut itulah yang melandasi dan mengendalikan politik luar negeri kita.
Aline kedua : “Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur”
Kalimat tersebut menunjukkan kebanggaan dan penghargaan kita akan perjuangan bangsa Indonesia selama ini. Hal Ini juga berarti adanya kesadaran keadaan sekarang yang tidak dapat dipisahkan dari keadaan kemarin dan langkah yang kita ambil sekarang akan menentukan keadaan yang akan datang. Dalam alinea ini jelas apa yang dikehendaki atau diharapkan oleh para "pengantar" kemerdekaan, ialah Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Nilai-nilai itulah yang selalu menjiwai segenap bangsa Indonesia dan terus berusaha untuk mewujudkannya.
Alinea ini mewujudkan adanya ketetapan dan ketajaman penilaian :
1. Bahwa perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampai pada tingkat yang menentukan;
2. Bahwa momentum yang telah dicapai tersebut harus dimanfaatkan untuk menyatakan kemerdekaan;
3. Bahwa kemerdekaan tersebut bukan merupakan tujuan akhir tetapi masih harus diisi dengan mewujudkan negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Alinea ketiga : “Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan yang luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”
Kalimat tersebut bukan saja menegaskan apa yang menjadi motivasi nyata dan materiil bangsa Indonesia, untuk menyatakan kemerdekaannya, tetapi juga menjadi keyakinan motivasi spiritualnya, bahwa maksud dan tindakan menyatakan kemerdekaan itu diberkati oleh Allah Yang Maha Kuasa. Hal tersebut berarti bahwa bangsa Indonesia mendambakan kebidupan yang berkeseimbangan material dan spiritual serta keseimbangan kebidupan di dunia dan di akhirat.
Alinea ini memuat motivasi spiritual yang luhur dan mengilhami Proklamasi Kemerdekaan (sejak dari Piagam Jakarta) serta menunjukkan pula ketaqwaan bangsa Indonesia kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berkat ridho-Nyalah bangsa Indonesia berhasil dalam perjuangan mencapai kemerdekaannya, dan mendirikan negara yang berwawasan kebangsaan.
Alinea keempat : “Kemudian daripada itu untuk membentuk susunan pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan 13
kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.
Alinea ini merumuskan dengan padat sekali tujuan dan prinsip-prinsip dasar, untuk mencapai tujuan bangsa Indonesia setelah menyatakan dirinya merdeka.
Tujuan nasional negara Indonesia dirumuskan dengan "... Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kebidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial"
Sedangkan prinsip dasar yang dipegang teguh untuk mencapai tujuan itu adalah dengan menyusun kemerdekaan Indonesia itu dalam suatu Undang-undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dan berdasarkan PancasiIa. Dengan rumusan yang panjang dan padat ini, alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sekaligus menegaskan:
1. Negara Indonesia mempunyai fungsi yang sekaligus menjadi tujuannya yaitu:melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial;
2. Negara Indonesia berbentuk Republik dan berkedaulatan rakyat;
3. Negara Indonesia mempunyai dasar falsafah Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

55 komentar:

kadri mengatakan...

sangat bagus skali blognya terimakasih atas bantuannya sebab cya bisa mengerjakan tugas cya dngn atau bantuan dari blok anda

Restu Nugroho mengatakan...

terimakasih msa bro, sangat bermanfaat sekali..

www.rieztoshare.com

Unknown mengatakan...

thanks broo infonya jangan lupa follow gue @andhika_rizkika, ntar gue folback, mention jjh ;)

Prima mengatakan...

makasih sob, sangat-sangat membantu

Edra Yuzuru Kanade Nakamura mengatakan...

makasih bro

Unknown mengatakan...

BigThanksssss...... ini ngebantu banget brooh :)

Unknown mengatakan...

Makasihh.. sangat membantu dlam menyelesaikan tugas. :)

sepohh_spedddd mengatakan...

analisis pembukaan uud 45 alinea 1 sampai 4 kok gak ada

Unknown mengatakan...

mksh yaa informnya

Leon mengatakan...

Thanks gan,
tugas saya jadi langsung beres,

Unknown mengatakan...

terimakasi infonya'.

Mister Z mengatakan...

makasih

Unknown mengatakan...

Makasih inponya (y)

Unknown mengatakan...

nilai dan moralnya apa yang terkandung dalam UUD?

Unknown mengatakan...

kamprettttttt good

Unknown mengatakan...

Wahh.. Makasih banget mas. membantu banget dalam mengerjakan tugas (y)

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat. thx a lot

Dimas Mahendra mengatakan...

Sgt membantu utk menjawab soal2 cpns mas

dewi mengatakan...

makasih

M. Zidni Ilman Nafi'a mengatakan...

Berkat rahmat Allah dan dengan diiringi keinginan / jiwa semangat yang luhur,. Kemerdekaan itu tercapai...

Unknown mengatakan...

Makasi yaaa . . tugas sy jd selesai

Unknown mengatakan...

thanks bro

Alex mengatakan...

Thanks bro, follow gue ye @AlexanderDwi15

Kiki Aini mengatakan...

mantabb sudaaaah. thank you. :)

C18 mengatakan...

Arigato gizaimasu

creamheroes mengatakan...

Thanks thanks thanks thanks banget gan..!

Ratri Sekar~ mengatakan...

makasih yaa membantu banget

NataNata21 mengatakan...

Makasii Sekalii :) Sangat Membantu ...

Unknown mengatakan...

thank ya min...
mampir juga ya ke gubug saya kusuma.koni@blogspot.com

Unknown mengatakan...

terimakasih ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas

Unknown mengatakan...

terima kasih gan atas bantuannya.,,,,,emang beruntung tu kalo buka internet langsung aja dapat hasilnya

Unknown mengatakan...

Terimaksih atas bantuannya......

Unknown mengatakan...

terimakasih, sangat membantu.

Unknown mengatakan...

Txxx atas Blogx
👨👨👨

Unknown mengatakan...

Izin copas

Unknown mengatakan...

Izin copas

Unknown mengatakan...

makasih :D

Unknown mengatakan...

Makasih bro blog lu akan terus bermanfaat sampe lu mati kok

Sampan Pesisir mengatakan...

Bermanfaat, jangan lupa kunjungi juga www.sampanpesisir.blogspot.co.id

Habibullah Al Faruq mengatakan...

makasih banyak

Habibullah Al Faruq mengatakan...

Habibullah Al Faruq berkata makasih atas materi atau artikelnya, saya jadi paham makna setiap alinea UUD 1945 tsb.

mirza mengatakan...

Bagus, semoga membawa berkah. Amin

park chanyeol mengatakan...

maksih banget... berkat artikel ini tugas gue bisa kelar:)

Unknown mengatakan...

Thanks.. sangat membantu:)

Gency siahaan mengatakan...

Tq for help me😁

Unknown mengatakan...

gak ada sumbernya ni ye

Indriyansyah mengatakan...

Wow keren yaa, Bangsa kita meminta rahmat kepada Allah SWT yg maha kuasa loh.. Jadi sebelum menjiwai pancasila kita harus wajib baca & menjiwai Alenia ke: 3, mengingat Pancasila ada di alenia ke: 4.. Sebelum 4 ya 3 dulu dong logikanya.. Hehe semoga bermanfaat

Unknown mengatakan...

thanks bro

Unknown mengatakan...

Makasih infonya

Unknown mengatakan...

Makasihh loh info nya

Unknown mengatakan...

Gomawooo....

Mayameye88 mengatakan...

THNKS BRO BERMANFAAT SKALEE

Unknown mengatakan...

Terima kasih infox

Unknown mengatakan...

Terimakasih

Anonim mengatakan...

perde modelleri
MOBİL ONAY
Türk telekom mobil ödeme bozdurma
nft nasıl alınır
ankara evden eve nakliyat
trafik sigortası
DEDEKTOR
web sitesi kurma
aşk kitapları

Posting Komentar

 
Powered by Blogger