Minggu, 13 Maret 2011

Kesimpulan penentuan harga, permintaan dan penawaran

Penentuan harga adalah menentukan harga suatu barang. Apabila harga suatu barang terlalu tinggi maka penjualan akan menurun, tetapi apabila harga suatu barang terlalu rendah maka akan menyebabkan keuntungan yang kurang maksimal. Ada 3 macam pendekatran dalam menentukan harga yaitu : pendekatan supply dan demand, pendekatan yang berorientasi ke biaya, dan pendekatan pasar.

Permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi. Hukum permintaan yaitu “semakin tinggi harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta”. Artinya, jika harga barang tinggi maka permintaan akan menurun dan sebaliknya jika harga barang rendah maka permintaan akan semakin banyak.

Penawaran adalah jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi. Hukum penawaran yaitu "makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan". Artinya, jika harga barang tinggi maka semakin besar penawaran yang diberikan dan jika harga barang rendah maka semakin sedikit penawaran yang diberikan.

Hukum permintaaan berbanding terbalik dengan hukum penawaran. Definisi diatas merupakan teori ekonomi. Dalam teori ekonomi tidak semua bisa diimplementasikan dengan baik di suatu negara, karena mempunyai beberapa faktor yang berbeda - beda seperti faktor budaya, lingkungan, suhu atau cuaca, adat dan kebiasaan dll.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger