Sabtu, 19 Maret 2011

Kesimpulan struktur pasar

Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Pada analisa ilmu ekonomi, pasar dibedakan menjadi dua yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual maupun pembeli atau dengan kata lain banyak terjadi interaksi penawaran dan permintaan di dalam linkup pasar persaingan sempurna. Berbeda dengan pasar persaingan tidak sempurna, disini hanya terdapat satu produsen dengan banyak konsumen. Biasanya satu produsen itu mempunyai kekuatan pasar dan mampu mengendalikan harga. Macam - macam pasar persaingan tidak sempurna yaitu:
- pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada satu penjual/ produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen. contoh: PT pos dan giro, PT PLN dll
- pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, dimana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. contonya : perusahaan semen dan air mineral.
- pasar duopoli adalah suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan. contohnya : pertamina dan caltex.
- pasar monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. contohnya : menjual produk sabun karena sudah banyak perusahaan memproduk sabun yang berbeda-beda.
- pasar monopsoni.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger