Minggu, 27 Desember 2009

Pemanasan Global

Belakangan ini suhu di bumi semakin bertambah panas, panasnya pun terasa beda seperti lebih menyengat. Apakah yang sedang terjadi pada bumi kita? Apakah terjadi pemanasan global pada bumi kita? Mungkin ada benarnya karena pengertian dari pemanasan global itu sendiri adalah meningkatnya suhu atmosfer bumi serta permukaan laut. Masalah yang sekarang terjadi adalah berkurangnya kemampuan atmosfer membebaskan energi panas matahari karena pada lapisan atmosfer terjadi peningkatan kandungan unsur-unsur alaminya seperti:

-CO2, kandungan ini meningkat pesat akibat ulah manusia, contohnya seperti gas buang pabrik, gas buang kendaraan bermotor, serta pembakaran hutan. Karena itu energi panas matahari tertahan di bawah atmosfer dan partikel ini juga menyerap radiasi inframerah matahari yang membuat bumi menjadi panas.

-NO2, fungsinya sama seperti CO2, namun kemampuan untuk menahan energi panas matahari lebih besar. Tetapi saat ini meningkat gara-gara pembakaran bahan organik.

-Metan, mampu menyerap radiasi sinar inframerah, tetapi gara-gara pengolahan bahan organik kandunganya meningkat.

Dampak dari pemanasan global bisa kita lihat dari kondisi akhir-akhir ini, suhu di bumi makin terasa panas menyengat, es di kutub mencair dan menyebabkan pulau-pulau kecil menjadi tenggelam, dan terjadi kekacauan pada siklus bumi.

Karena itu mulai dari sekarang marilah kita cegah pemanasan global, mulailah dari diri kita sendiri seperti:

-Tidak membuang sampah sembarangan

-Memakai listrik seperlunya saja, jika tidak dipakai harap dimatikan

-Kurangi penggunaan kendaraan bermotor, bila perlu gunakan sepeda atau jalan kaki supaya sehat

-Perbanyak menanam pohon atau tanaman hijau

-Jangan membakar sampah atau bahan organik lainnya

-Daur ulang sampah agar mengurangi sampah di bumi

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger